title

Friday 21 August 2015

Mengatasi Smartphone Android Mati Total (Terkena Brick)

Belum lama ini temen saya bawa Smartphone Lenovo a369i kebetulan sama kayak punya saya, cuman katanya setelah ganti CUSROM malah gak ada sinyalnya, trus saya suruh ngebetulin dan saya coba Flash pake Flashtool, eeh nggak tau kenapa malah Mati Total alias MATOT..wah-wah brabe juga kan dimintai bantuan suruh betulin malah ni MATOT.
Saya agak panik sebelumnya lalu akhirnya tanya deh sama Mbah Google trus dapat juga dari beberapa sumber bahwa Smartphone ini ternyata terkena yang disebut dengan Istilah Brick. Ini disebabkan suatu kegagalan booting pada smartphone akibat kerusakan sistem yang di akibatkan oleh pengguna smartphone tersebut karena tindakan rooting, flasing dan lainnya, yang membuat sistem menjadi tak stabil bahkan rusak. Dari hasil Googling ini ternyata ada dua jenis brick pada smartphone android yaitu hard brick dan soft brick. Kalo SOFT BRICK dapat di ketahui dengan gejala-gejala antara lain smartphone masih bisa menyala, tapi saat kita mencharge baterai tak muncul indikator baterai saat di charge.kasus soft brick ini masih dapat kita perbaiki sendiri tanpa harus membawa bengkel untuk di perbaiki. namun lagi-lagi saya Googling dan nemu CARA PERBAIKAN NYA yaitu sama dengan cara Flash yang sudah saya jelaskan pada Postingan sebelumnya yaitu Cara Flash Lenovo a369i Pake PC/Laptop. Namun disini agak ada perbedaannya ketika menggunakan Flashtool yaitu ketika masuk ke download mode, posisi smartphone terpasang pada PC..Matikan smartphone,setelah mati tekan power +vol up + vol down terus menerus..Setelah layar menghitam, lepaskan tombol power..Lepaskan smartphone dari USB. trus flash ulang dengan Stock ROM Ori dari Lenovo.
Trus jenis Brick yang kedua yaitu HARD BRICK, kalo yang ini memang merupakan hal yang mengkhawatirkan, karena kalo smartphone terkena hard brick kemungkinan nya kecil untuk di perbaiki sendiri, Hard brick dapat di ketahui dengan gejala-gejala seperti: ketika di charge layar tidak merespon dan tak muncul icon charge baterai apabila di charge pada posisi off, dan gejala yang lain nya smartphone mati total tak bisa booting sama sekali kalo yang saya alami sampai Smartphone tak mau bergetar sama sekali disini sesuai saran dari Google di beberapa blog saya coba Lepaskan baterai, sim card, memory card.. Kemudian sambungkan smartphone dengan PC tanpa baterai sama sekali nggak ngrespon lalu saya coba pasang batrenya ternyata ngrespon ke PC saya coba Tekan power + vol up + vol down secara terus menerus lalu saya Flash flash dengan dan tunggu hingga proses selesai. 
Dari sumber yang saya dapet sih katanya cara di atas tidak 100 % berhasil, Tapi mungkin Alloh SWT kasihan sama saya dan yang punya Smartphone kali sehingga apa yang telah disarankan tadi saya coba dan Alhamdulillah berhasi.
Demikianlah sedikit berbagi pengalaman dari apa yang saya dapat, semoga kalo anda punya masalah serupa bisa membantu.. Selamat Mencoba....

No comments:

Post a Comment